Tips Memilih Nama Domain

Dec 2, 2016   //   by kangdj   //   News, Tips dan Trik  //  No Comments

Pemberian nama pada manusia, perusahaan atau brand tentu bisa sembarangan saja. Biasanya sebuah nama itu mengandung filosofi atau arti tertentu dari sang pemiliknya, begitu juga ketika Anda memilih nama untuk domain web atau toko online Anda.

Bagaimana sebenarnya memilih nama doman yang baik untuk usaha Anda. Berikut adalah beberapa  hal-hal yang harus diperhatikan untuk penggunaan nama domain:

1.    Kesesuain nama

Kesesuaian nama antara nama domain dengan isi website harus diperhatikan, sebab nantinya pengunjung akan mudah menangkap maksud dari nama web tersebut. Misalnya nama domain www.tokokomputer.com tentu isinya berhubungan dengan hardware  komputer, software, kalau isinya jual beli pakaian  kan aneh :D

2.    Gunakan nama yang pendek dan mudah diingat

Mengenai perihal nama juga perlu diperhatikan baik-baik, sebaiknya untuk web client gunakan yang pendek dan mudah dihafalkan. Contohnya saja www.yahoo.com, www.detik.com, www.kompas.com, dan nama-nama pendek lainnya. Jika Anda menggunakan nama domain www.anginributenterpriseonline.com, namanya sudah tentu terlalu panjang dan tidak mudah diingat. Nama domain yang pendek sebenarnya akan memudahkan dalam peng-indexan  oleh search engine.

3.    Tanda penghubung

Kalau memang bisa jangan gunakan tanda penghubung pada nama domain, sebab terkadang orang lebih menyebut nama domain secara langsung tanpa embel-embel. Misalnya saja www.mata-maya.com website, tentunya akan lebih enak kalau cuma disebut www.matamaya.com.

4.    Gunakan alternatif nama lain jika menginginkan nama yang sama.

Dalam menentukan nama domain juga kita harus cepat, sebab kita juga bersaing dengan instansi atau perusahaan yang menginginkan nama yang bagus. Misalnya jika nama domain www.komputer.com sudah ada yang memiliki dan kita menginginkan nama yang mirip maka terpaksa kita menambahkan nama domain tersebut entah di awal atau di ahir, misalnya www.komputeroke.com.

5.    Penggunaan angka

Penggunaan nama domain dengan angka sebenarnya sah-sah saja, tetapi sebenarnya kurang enak aja disebutkannya, kecuali mungkin jika itu berhubungan dengan nama perusahaan, misalnya saja www.trans7.com.

6.    Legalitas nama domain

Ini hal yang perlu diperhatikan dalam memilih nama domain, buatlah nama domain yang tidak berhubungan dengan sebuah merek atau melanggar hak cipta, hal ini dilakukan agar tidak terjadi masalah di lain hari.

7.    Belilah beberapa domain yang mirip

Kalau memang dananya cukup (pasti ada lah :D ) belilah beberapa nama domain yang mirip, hal ini untuk mencegah salah pengetikan nama domain, dengan demikian pengunjung web akan di-redirect ke halaman situs utamanya. Pernah dengar kasus yang menimpa situs klikbca.com? Salah satu penyebabnya karena ada nama domain yang mirip, seperti clickbca.com dan klicbca.com

8.    Ekstensi domain yang digunakan

Ekstensi domain juga perlu Anda perhatikan, domain dot com(.com) adalah domain yang paling banyak digunakan, sebab merupakan domain universal, artinya domain internasional. Selain itu, domain dot net(.net) dan domain dot org(,org) merupakan domain-domain internasional.

Alasan banyaknya penggunaan domain dot com adalah proses registrasinya yang mudah dan tidak berbelit, berbeda dengan penggunaan domain yang berhubungan dengan nama organisasi dan negara, sebab dibutuhkan surat-surat penting pendukung, contohnya saja www.bni.co.id, www.elexmedia.co.id , www.thalassaemia-yti.or.id dan nama-nama lainnya

sumber: buku” Jurus Jitu Webmaster Freelance

Comments are closed.